Selasa, 03 Mei 2011

Tentang Gelas Tampung


Kenapa gelas ...

Kenapa tampung ...

Kenapa 'Gelas Tampung' ...

Karena gelas adalah salah satu wadah.

Karena tampung adalah suatu aktivitas.

Karena 'Gelas Tampung' adalah wadah untuk suatu aktivitas.


Salah satu dosenku pernah bercerita tentang ilmu, beliau mengibaratkan ilmu adalah tetesan air hujan. Ketika kita belajar itu adalah saat dimana kita berusaha menampung tetesan air hujan itu, "dengan apa kalian akan menampung???" beliau bertanya seperti itu. Dan pilihanku jatuh pada 'gelas'.

Kenapa bukan piring??? piring mungkin memiliki permukaan yang lebar dan air hujan akan mudah masuk ke dalamnya. Tapi piring tak memiliki kedalaman yang cukup untuk menampung air hujan dalam jumlah banyak. Ketika aku memilih piring aku akan mengandalkan permukaannya saja untuk menampung, lalu aku bisa bersantai-santai. Namun ketika aku akan bergerak aku harus menjaga agar piring itu tetap datar agar isinya tidak tumpah. Merepotkan.

Lalu kenapa tidak memilih ember??? bukankah ember memiliki permukaan yang cukup lebar dan kedalaman yang cukup-bahkan lebih untuk menampung banyak air hujan. Itu benar sekali, tapi ember terlalu besar buatku. Terlalu berat untuk mengangkat seember penuh air hujan dan membawanya kemana-mana. 'Kalo begitu jangan mengisinya sampai penuh, cukup tiga perempat saja', solusi yang tampaknya cerdas akan tetapi aku tidak suka sesuatu yang sia-sia, seperti membiarkan seperempat ember itu kosong. Saat membawa akan banyak isi yang terpercik keluar, sayang sekali.

Karena itu aku memilih gelas. Gelas memiliki permukaan yang tidak terlalu lebar, membuatku harus siaga dan cermat memilih dibagian mana tetesan air hujan yang tepat. Aku harus memilih karena tetesan yang terlalu pelan akan membuat gelas itu lama terisi, dan tetesan yang terlalu kuat justru akan membuat sebagian isi terpercik keluar. Saat aku telah mengisi penuh, aku bisa membawanya kemana pun dengan mudah tanpa takut tumpah. Ketika aku bertemu dengan kawan yang juga memiliki gelas aku bisa mengajaknya untuk membangun sebuah menara yang indah, dengan tetap menampung air hujan pastinya. Gelas Tampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar