Senin, 12 September 2011

PERSEDIAAN


1.       Pengertian Persediaan

Menurut PSAK No. 14 yang dimaksud denga persediaan barang dagang (merchandise inventory) adalah aset :

a.       Tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha biasa;

b.      Dalam prosesw produksi untuk penjualan tersebut; atau

c.       Dalam bentuk bahan atau perlengkapan untuk digunakan dalam proses produksi atau pemberian jasa (Dewan Standar Akuntansi Keuangan, 2009: 14.2)

Pada kesempatan ini , hanya akan dibahas persediaan barang dagang di dalam perusahaan dagang, yaitu barang-barang yang dimiliki perusahaan untuk dijual kembali. Pengendalian internal (internal control) persediaan adalah kebijakan dan prosedur yang melindungi persediaan barang dagangan dari kesalah penggunaan, memastikan bahwa informasi persediaan barang dagangan akurat dan meyakinkan bahwa hukum serta peraturan telah diikuti.

2.       Manfaat dan Cara Pengendalian Persediaan

a.       Manfaat Pengendalian Internal Perusahaan

- Persediaan barang dagangan menjadi aman.

- Persediaan barang dagangan dilaporkan di dalam laporan keuangan dengan benar.

- Persediaan barang dagang tersedian dengan cukup, artinya tidak kekurangan atau kelebihan.

b.      Cara Pengendalian Persediaan

·         Setiap pembelian barang diterima bagian penerimaan barang dan dibuat laporang penerimaan barang untuk mencocokkan dengan pesanan pembelian. Demikian pula, harga yang tercantum dalam surat pesanan barang harus cocok dengan harga waktu penagihan yang tercantum dalam faktur. Setelah cocok, barulah utang dan persediaan dicatat dalam catatan akuntansi.

·         Harus dibentuk tenaga keamanan untuk mencegah kerusakan persediaan atau pencurian persediaan. Persediaan harus disimpan di dalam gudang dan tidak semua orang bisa keluar masuk gudang, kecuali petugas yang berwenang serta setiap pengeluaran dari gudang harus menggunakan formulir permintaan barang yang disahkan petugas yang berwenang. Persediaan harus aman dari panas atau dingin dan dikunci agar tidak hilang atau rusak.

·         Untuk toko eceran bisa menggunakan cermin dua arah, kamera dan petugas keamanan. Barang yang mahal harganya disimpan dalam lemari kaca. Pakaian yang mahal ditempeli kabel alarm plastik.

·         Sistem pencatatan persediaan untuk persediaan yang harganya mahal bisa menggunakan sistem perpetual, dengan sistem perpetual jumlah persediaan bisa diketahui dengan tepat sehingga tidak akan terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan.

·         Harus dilakukan perhitungan secara fisik untuk mengecek kebenaran persediaan barang dagangan dengan cara membandingkan persediaan barang dagangan secara fisik dengan catatan perusahaan sehingga bisa diketahui besarnya penyusutan atau kekurangan. Jika terjadi penyusutan yang tajam, perusahaan harus melakukan tindakan korektif. Di dalam melakukan perhitungan fisik persediaan barang dagangan, perusahaan bisa membentuk sebuah tim, yang satu menghitung, yang satu lagi mencatat jumlah serta keterangannya pada kartu perhitungan persediaan.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar